Jenis-jenis Gaya pada Hukum Newton

a. Gaya Berat 
Gaya yang bekerja pada benda akibat benda tersebut berada dalam pengaruh medan atau gaya gravitasi.
Menurut Hukum II Newton, dikatakan bahwa percepatan yang terjadi pada suatu benda berbanding lurus dengan gaya yang diberikan pada benda tersebut dengan persamaan F= m.a, sedangkan pada gaya berat, percepatan benda merupakan percepatan grafitasi bumi, sehingga gaya berat suatu benda dapat dinyatakan dengan persamaan :

Diagram Gaya Berat :

Massa sebuah benda di setiap tempat adalah sama, sedangkan berat tidaklah sama karena bergantung pada besarnya percepatan gravitasi bumi yang mempengaruhi benda tersebut. Percepatan gravitasi di berbagai tempat di bumi ini berbeda-beda, bergantung pada kedudukan benda diukur dari pusat bumi. Semakin jauh jarak benda dari titik pusat bumi, percepatan gravitasi yang dialami benda tersebut juga makin kecil. Percepatan gravitasi di bumi juga berbeda besarnya dengan percepatan gravitasi di bulan. Adapun percepatan gravitasi bulan besarnya 1/6 percepatan gravitasi bumi
 
b. Gaya Gesek   
Gaya gesek adalah gaya antara dua permukaan benda yang bersentuhan, bersifat melawan kecenderungan gerak benda benda.
Gaya Gesek yang Merugikan
Pernahkah anda melihat bagian dalam mesin mobil atau sepeda motor? Pada mesin mobil atau sepeda mter tersebut terdapat piston yang bergerak terus menerus saat mesin mobil berada dalam keadaan hidup. Untu mengurangi gesekan antar bagian-bagian mesin yang bergerak dengan bagian yang diam di dalam mesin, dibutuhkan bahan pelumas seperti oli.
Tanpa adanya bahan pelumas ini (Oli), gaya gesek yang terjadi antar komponen mesin bergerak dengan komponen mesin diam akan menyebabkan mesin cepat aus dan rusak.
Gaya Gesek yang Menguntungkan
Meskipun terkadang merugikan, gesekan antara bankendaraan dengan jalan raya merupakan gesekan yang menguntungkan.Adanya gesekan antara ban kendaraan dengan jalan raya ini, menyebabkan kendaraan dapat melaju. Oleh karena itu, jalan raya tidak boleh dibuatterlalu licin agar kendaraan yang melewatinya tidak slip. Selain itu,gaya gesekan yang menguntungkan juga dapat kita lihat pada gesekan antara rem kendaraan dengan peleknya/cakramnya.
Diagram Gaya Gesek :
Besarnya gaya gesek :
Kinetik : fk = mk.N  mk : koefisien gesek Kinetik
Statis   : fs = ms.N        ms : koefisien gesek statis
Koefisien gesek : tingkat kekasaran antara kedua permukaan.
Berikut ini adalah contoh simulasi gaya gesek, silahkan dipelajari !



 c. Gaya Sentripetal
Pada gerak melingkar, secara teoritis telah dijelaskan bahwa ada percepatan sentripetal yang arahnya menuju pusat lingkaran.
Menurut Hukum II Newton, hal tersebut disebabkan karena ada suatu gaya yang mempengaruhi benda dan arah vektor gaya tersebut menuju ke pusat lintasan melingkar. Gaya ini disebut dengan gaya sentripetal. Secara matematis, gaya sentripetal dinyatakan dengan persamaan
Pemahaman tentang gaya sentripetal ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya menghitung kecepatan maksimum kendaraan bermotor saat menikung di tikungan jalan.

d. Gaya Normal
Gaya Normal adalah gaya yang dikerjakan bidang pada benda jika benda tersebut menekan bidang. Atau gaya araknya tegak lurus bidang.
Diagram Gaya Normal :
 
e. Gaya Luar
Gaya luar adalah gaya dari luar yang diberikan pada benda (tarikan/dorongan)
Diagram Gaya luar :

No Response to "Jenis-jenis Gaya pada Hukum Newton"

Post a Comment