twitter


Sebelumnya dalam Prediksi pemenang Hadiah Nobel fisika telah di sebutkan beberapa penelitian kategori yang akan mendapatkan Nobel fisika tahun ini 2010. Namun dari ke semua kategori, penelitian Graphene-lah yang memenangi untuk hadiah nobel fisika 2010.
Dua ilmuwan telah berbagi tahun ini berupa Hadiah Nobel untuk Fisika, mereka bekerja inovatif pada bahan dengan sifat yang menakjubkan.
Andre Geim dan Konstantin Novoselov, keduanya beasal dari Universitas Manchester, Inggris, mendapat hadiah nobel untuk penelitian graphene.
Graphene adalah lembaran karbon yang hanya setebal satu atom; itu hampir sepenuhnya transparan, tetapi juga sangat kuat dan konduktor listrik yang baik.
Sifat unik berarti itu bisa memiliki beragam kegunaan praktis.
Para peneliti, bersama bekerjasama ketika pertama untuk mengisolasi lapisan karbon dari bahan grafit yang digunakan dalam pensil “arang isi pensil”.
Terobosan itu bisa mengarah pada pembuatan elektronik inovatif, termasuk komputer yang lebih cepat, menurut Nobel Foundation.
“Aku baik-baik, aku tidur nyenyak. Saya tidak berharap Hadiah Nobel tahun ini, “kata Profesor Geim.
Dia berbicara melalui saluran telepon kepada wartawan berkumpul di sebuah konferensi pers di Stockholm, Swedia.
Prof Geim mengatakan rencananya untuk hari ini tidak akan berubah – ia berkata bahwa ia akan kembali bekerja dan melanjutkan dengan makalah penelitian nya.
“Menurut pendapat saya, ada beberapa kategori pemenang hadiah Nobel. Ada orang yang setelah mendapatkan Hadiah Nobel berhenti melakukan apa pun untuk sisa hidup mereka, yang merupakan merugikan besar bagi komunitas mereka,” katanya.
“Ada lagi tipe orang yang berpikir bahwa orang lain berpikir bahwa mereka memenangkan Hadiah Nobel melalui peristiwa kecelakaan Lalu mereka mulai bekerja lebih keras daripada sebelumnya..”
Prof Geim, 51, adalah warga negara Belanda sementara Dr Novoselov, 36, memegang kewarganegaraan Inggris dan Rusia. Keduanya merupakan penduduk asli Rusia dan memulai karir mereka dalam fisika disana.
Nobels dinilai berdasarkan 10m kronor Swedia (£ 900,000; euro 1m, $ 1,5 juta)
Mereka pertama bekerja sama di Belanda sebelum pindah ke Inggris. Mereka berbasis di University of Manchester ketika mereka menerbitkan mereka terobosan penelitian kertas pada graphene pada bulan Oktober 2004.
Dr Novoselov adalah salah satu pemenang termuda dari hadiah nobel yang biasanya jatuh ke tangan ilmuwan dengan puluhan tahun pengalaman.
Graphene adalah bentuk karbon. Ini adalah lapisan datar atom karbon ketat dikemas ke dalam susunan sarang lebah dua dimensi.
Karena sangat tipis, juga praktis transparan.Sebagai konduktor listrik itu melakukan serta tembaga, dan sebagai konduktor panas yang melebihi semua bahan yang dikenal lainnya.
Beberapa ilmuwan telah meramalkan bahwa graphene suatu hari nanti bisa menggantikan silikon – yang merupakan bahan saat ini pilihan untuk transistor.
Hal ini juga bisa menghasilkan bahan yang sangat kuat, fleksibel dan stabil dan menemukan aplikasi pada layar sentuh transparan atau sel surya.
Geim dan Novoselov pertama kali mengisolasi lembaran halus dari graphene dari grafit yang banyak digunakan dalam pensil.
Sebuah lapisan tebal 1mm grafit sebenarnya terdiri dari tiga juta lapisan graphene ditumpuk di atas satu sama lain.

0 comments:

Post a Comment